KONSEP KURIKULUM MERDEKA
oleh Bp. Dr. Martadi
Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Surabaya
tanggal 27 Juni 2022, pk 07.30 sd 11.30
Keunggulan Kur merdeka
1. Lebih sederhana dan mendalam
2. Lebih merdeka
Guru mengajar sesuai Capaian Pembelajaran
Sekolah memiliki kewenangan
3. Lebih relevan dan interaktif
Pembelajaran melalui kegiatan proyek memberi kesempatan lebih luas kepada peserta didik yang belum mengeksplorasi isu-isu aktual
dukungan Implementasi kurikulum merdeka
- Penyusunan buku
- buku penilaian
* Perubahan rasional kurikulum merdeka
Mengapa kurikulum berubah?
Karena untuk peningkatan mutu di Indonesia
Ciri megatren 2045
1. Dunia terintegrasi
2. Konvergensi sains dan teknologi
3. Laju inovasi dan disrupsi teknologi
4. Lanskap belajar yang semakin terbuka dan tanpa batas
Mengapa profil pelajar pancasila dikuatkan? Karena keseimbangan tren 2045
Pendidikan dimaknai menemukan potensi
Yang dikuatkan di kurikulum merdeka adalah
1. Daya rasa
2. Daya cipta
3.
Yang ingin ditambahkan dalam kurikulum merdeka
1. Dengan hasil bagi digital
2. Kecerdasan Indonesia
Spiritnya ingin menguatkan IQ, EQ, SQ, DQ dan IndQ
Kaidah menerapkan kurikulum merdeka
1. Dan bukan atau
2. Butuh bukan mau
3. yg lama yg baik dan mencari yg baru yg lebih baik
Ruang kur merdeka SANGAT KTSP . ada hal spesifik yg menjadi ciri sekolah
Ciri-ciri sekolah kerdil
1. Kerdil dalam Berpikir
2. Congkak intelektual
3. Sepi diskusi
3. Inovasi Miskin
4.
Konteks dan konsep kurikulum merdeka
1. Garis amanat UU
Amanat UU no 20 tahun 2003 tentang sisdiknas
Tujuan pendidikan nasional
- Roh kurikulum merdeka mencapai tujuan nasional seperti UU no 20 th 2003 dengan ekstrak profil pelajar pancasila dalam 6 dimensi
- Beriman dan bertakwa
- Berahlak mulia
2. Perubahan Teori Belajar
- Teori behaviorisme, ada stimulus
- Teori kognitivisme, pembelajaran cbsa yg dikembangkan pembel pakem
Sibernetik, prosa berpikir otas spt kompt
- Konstruktivisme, anak belajar aktif dengan modal pengetahuan yang sudah didapat
- Teori Belajar Sosial, anak belajar aktif berangkat dari potensi.... Anak belajar kelompok
Gak boleh guru membuat rpp sendiri.
Teori belajar yang kurikulum merdeka adalah teori pembelajaran sosial
Sekolah memiliki pusat sumber belajar.
Tugas guru bekerja sebagai fasilitator, disebut ilmu heutagogi
Pedagogi, guru yang dulu
Heutagogi, guru yang sekarang
Langkahnya cari sumber belajar yang sesuai dengan capaian pembelajaran
3. Mewadahi keunikan anak
- Potensi anak menurut teori gadner ada 8
- Instrument terpenting dalam pendidikan adalah menemukan potensi anak, setelah itu memfasilitasi potensi
- Mengajar dg MODUL
- Buat Modul per CP
- Tidak perlu sistem SKS
- Penilaian perilaku menggunakan anekdot record
Ciri kur menghargai anak, tidak boleh ada peringkat
4. Era industri 4.0
kompetensi utama
1. Komunikasi
2. Perilaku kejujuran
3. Kemampuan kerjasama
4. Kemamuan antar pribadi
5. Kemampuan penematan diri
..
.
.
17. Kemampuan akademik
5. Menguatkan kembali identitas bangsa
Mengapa? Karena kita sedang berada di era abad 21
Caranya, P5, yaitu
- Proyek
- Penguatan
- Profil
- Pelajar
-Pancasila
Rpp boleh beda, asal substansinya sama
Goalnya apa, CP
Cara nya ?
Merdeka membuat rpp
6. Menguatkan otonomi sekolah
Konsep kurikulum merdeka, memberi pilihan, mengembalikan proses belajar kepada anak baik yang dipelajari, strategi yang sesuai dan jenis penilaian
1. Personalisasi Kurikulum, Kurikulum yg dipersonalisasi
2. Kur berdiferensiasi
3. Kur inklusif
DuluSK KD sekarang KI KD
TIU dan TIK dipilah. Sekarang tidak dipilah, berubah menjadi CP
Standar proses dan standar penilaian menjadi prinsip penilaian dan prinsip pembelajaran
Yang diatur hanya 1 yaitu basis proyek
=====
Pedagogi, ilmu mengajarkan tentang sesuatu pada anak
Andragogi, ilmu mengajarkan pada orang dewasa, contoh diklat
Heutagogi, ilmu tentang bgm memfasilitasi belajar, bisa diterapkan di anak bisa di org dewasa.
syarat aksel
1. Ketuntasan CP
2. Psikologi Ketuntasan
Intra itu untuk penyelenggara CP yang sudah terjadwal
Profil proyek, kokurikuler yang waktunya tidak terjadwal, untuk mencapai profil dimensi pelajar pancasila. Goal sampingannya CP
Anak diharapkan mencapai CP
Proyek boleh diterapkan di mapel tapi tidak boleh masuk dalam kokurikuler
Profil proyek inti nya dimensi
intinya kurikulum merdeka adalah profil pelajar pancasila
CP 10 dalam fase
Di kurikulum merdeka ada fase, untuk sma, kls x, fase E, kls xi dan xii fase F
Yang merumuskan tujuan adalah guru, berdasarkan CP yang ditentukan dari pusat. dari TP muncullah ATP. Penomoran TP sudah diurutkan
ATP, Alur Tujuan Pembelajaran
Untuk mengatasi perbedaan nilai bagi guru pelit dan murah dengan menggunakan rumusan INDIKATOR dan Penilaian dalam bentuk RUBRIK PENILAIAN
Penemuan naik tidak naik berdasarkan akumulasi dari semua guru yang disepakati dalam forum, rapat dewan guru.
Dnsep dari kurikulum merdeka yang dapat saya tafsirkan, semoga bermanfaat. Tulisan ini saya gunakan sebagai catatan buat saya pribadi saja. Terima Kasih
Comments
Post a Comment