KONSEP KURIKULUM MERDEKA

oleh Bp. Dr. Martadi

Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Surabaya 

tanggal 27 Juni 2022, pk 07.30 sd 11.30


Keunggulan Kur merdeka

1. Lebih sederhana dan mendalam

2. Lebih merdeka

    Guru mengajar sesuai Capaian Pembelajaran

    Sekolah memiliki kewenangan

3. Lebih relevan dan interaktif

Pembelajaran melalui kegiatan proyek memberi kesempatan lebih luas kepada peserta didik yang belum mengeksplorasi isu-isu aktual


dukungan Implementasi kurikulum merdeka

- Penyusunan buku

- buku penilaian


* Perubahan rasional kurikulum merdeka

Mengapa kurikulum berubah? 

Karena untuk peningkatan mutu di Indonesia


Ciri megatren 2045

1. Dunia terintegrasi

2. Konvergensi sains dan teknologi

3. Laju inovasi dan disrupsi teknologi

4. Lanskap belajar yang semakin terbuka dan tanpa batas


Mengapa profil pelajar pancasila dikuatkan? Karena keseimbangan tren 2045


Pendidikan dimaknai menemukan potensi 

Yang dikuatkan di kurikulum merdeka adalah

1. Daya rasa

2. Daya cipta

3. 


Yang ingin ditambahkan dalam  kurikulum merdeka

1. Dengan hasil bagi digital

2. Kecerdasan Indonesia

Spiritnya ingin menguatkan IQ, EQ, SQ, DQ dan IndQ

Kaidah menerapkan  kurikulum merdeka

1. Dan bukan atau

2. Butuh bukan mau

3. yg lama yg baik dan mencari yg baru yg lebih baik


Ruang kur merdeka SANGAT KTSP . ada hal spesifik yg menjadi ciri sekolah

Ciri-ciri sekolah kerdil

1. Kerdil dalam Berpikir

2. Congkak intelektual

3. Sepi diskusi

3. Inovasi Miskin

4. 


Konteks dan konsep  kurikulum merdeka

1. Garis amanat UU

    Amanat UU no 20 tahun 2003 tentang sisdiknas

   Tujuan pendidikan nasional

    - Roh  kurikulum merdeka mencapai tujuan nasional seperti UU no 20 th 2003 dengan ekstrak profil pelajar pancasila dalam 6 dimensi

   - Beriman dan bertakwa

   - Berahlak mulia


2. Perubahan Teori Belajar

    - Teori behaviorisme, ada stimulus

    - Teori kognitivisme, pembelajaran cbsa yg dikembangkan pembel pakem

       Sibernetik, prosa berpikir otas spt kompt

    - Konstruktivisme, anak belajar aktif dengan modal pengetahuan yang sudah didapat

    - Teori Belajar Sosial, anak belajar aktif berangkat dari potensi.... Anak belajar kelompok

       Gak boleh guru membuat rpp sendiri. 


Teori belajar yang  kurikulum merdeka adalah teori pembelajaran sosial

Sekolah memiliki pusat sumber belajar. 

Tugas guru bekerja sebagai fasilitator, disebut ilmu heutagogi

Pedagogi, guru yang dulu

Heutagogi, guru yang sekarang

Langkahnya cari sumber belajar yang sesuai dengan capaian pembelajaran


3. Mewadahi keunikan anak

    - Potensi anak menurut teori gadner ada 8

   - Instrument terpenting dalam pendidikan adalah menemukan potensi anak, setelah itu memfasilitasi potensi

   - Mengajar dg MODUL

   - Buat Modul per CP

   - Tidak perlu sistem SKS

   - Penilaian perilaku menggunakan anekdot record

Ciri kur menghargai anak, tidak boleh ada peringkat


4. Era industri 4.0

kompetensi utama

1. Komunikasi

2. Perilaku kejujuran

3. Kemampuan kerjasama

4. Kemamuan antar pribadi

5. Kemampuan penematan diri

..

.

.

17. Kemampuan akademik


5. Menguatkan kembali identitas bangsa

Mengapa? Karena kita sedang berada di era abad 21

Caranya, P5, yaitu

- Proyek

- Penguatan

- Profil

- Pelajar

-Pancasila


Rpp boleh beda, asal substansinya sama

Goalnya apa, CP

Cara nya  ?


Merdeka membuat rpp


6. Menguatkan otonomi sekolah


Konsep  kurikulum merdeka, memberi pilihan, mengembalikan proses belajar kepada anak baik yang dipelajari, strategi yang sesuai dan jenis penilaian

1. Personalisasi Kurikulum, Kurikulum yg dipersonalisasi

2. Kur berdiferensiasi

3. Kur inklusif

DuluSK KD sekarang KI KD

TIU dan TIK dipilah. Sekarang tidak dipilah, berubah menjadi CP

Standar proses dan standar penilaian menjadi prinsip penilaian dan prinsip pembelajaran

Yang diatur hanya 1 yaitu basis proyek 

=====

Pedagogi, ilmu mengajarkan tentang sesuatu pada anak

Andragogi, ilmu mengajarkan pada orang dewasa, contoh diklat

Heutagogi, ilmu tentang bgm memfasilitasi belajar, bisa diterapkan di anak bisa di org dewasa. 

syarat aksel

1. Ketuntasan CP

2. Psikologi Ketuntasan


Intra itu untuk penyelenggara CP yang sudah  terjadwal

Profil proyek, kokurikuler yang waktunya tidak terjadwal, untuk mencapai profil dimensi pelajar pancasila. Goal sampingannya CP

Anak diharapkan mencapai CP


Proyek boleh diterapkan di mapel tapi tidak boleh masuk dalam kokurikuler

Profil proyek inti nya dimensi

intinya  kurikulum merdeka adalah profil pelajar pancasila


CP 10 dalam fase

Di  kurikulum merdeka ada fase, untuk sma, kls x, fase E, kls xi dan xii fase F

Yang merumuskan tujuan adalah  guru, berdasarkan CP yang ditentukan dari pusat. dari TP muncullah ATP. Penomoran TP sudah diurutkan 

ATP, Alur Tujuan Pembelajaran


Untuk mengatasi perbedaan nilai bagi guru pelit dan murah dengan menggunakan rumusan INDIKATOR dan Penilaian dalam bentuk RUBRIK PENILAIAN


Penemuan naik tidak naik berdasarkan akumulasi dari semua guru yang disepakati dalam forum, rapat dewan guru.

Dnsep dari kurikulum merdeka yang dapat saya tafsirkan, semoga bermanfaat. Tulisan ini saya gunakan sebagai catatan buat saya pribadi saja. Terima Kasih

Comments

Popular posts from this blog

PEMBAHASAN SOAL GERAK PARABOLA

LATIHAN SOAL UTBK 2022